• °Ca:0:{}
    - Banten
    |
  • Sabtu 06 Juli 2024

Cruise, Cakrawala Dan Mata Lebah

Terimakasih atas kesertaan teman2 semua di WRS dan Azaib Trip Cruise 2024 ini. Smg Allah berikan berkah atas safar kita menikmati bumi Allah yg teramat luas.

Kita diminta Allah untuk bersafar, “bertebaran di muka bumi untuk melihat karunia Allah” begitu kira2 temanya di beberapa tempat dalam Al-Qur’an.

Dengan safar, kita terbuka dengan realita baru dan ruang cakrawala yg lebih luas. Hal itu berdampak juga pada luasnya cara kita berfikir. Pada gilirannya, akan memudahkan kita dalam membuat keputusan2 penting dalam kehidupan di masa depan.

Saya pribadi rela mengeluarkan uang utk anak2 saya dalam bersafar, agar mereka sedari kecil terbuka alam fikirnya, untuk bekal masa depan mereka. Selain dgn safar, kami jadi lebih bonding.

Di cruise kita belajar, bahwa bumi Allah luas sekali. Sebegitu besarnya sampai kapal berlantai 19 ini, terasa kecil di hamparan laut Allah yg luas. Makin menyadari betapa kecilnya kita di hadapan Allah.

Waktu kecil saya sering naik kapal pelni. Kalau pulang kampung ke sulawesi, kami pastinya naik kapal sebelum datangnya era tiket pesawat murah. Sampai pernah saya berangkat seorang diri saja, di waktu masih SMA.

Bagi yg biasa naik kapal pelni, apalagi tiket termurahnya, yg tidurnya ngampar di lantai mana2 yang tersedia dan rebutan, merasakan kapal sebesar cruise adalah sebentuk kemewahan yg melompat.

WR SUMMIT mencoba menangkap kemewahan itu. Bukan apa2, agar kita bisa tahu “oh itu toh yang dibanggakan para pecinta dunia itu” dan setelah itu kesimpulannya, “ternyata cuma sebatas itu rasanya”

Ya, karena nikmat Allah lebih luas dari sekadar kemewahan duniawi. Bagi yang bisa merasakannya, nikmat ibadah, nikmat ukhuwah, nikmat tadabbur Al-Qur’an, melebihi segalanya.

Hal itu bisa dicapai ketika mata kita adalah mata lebah. Mata yang senangnya melihat bunga, putik, sari dan madu. Bukan mata lalat yang fokusnya pada sebaliknya.

Di cruise juga begitu. Banyak pemandangan yang tersaji. Ketika mata lebah yang dibawa, maka perjalanan cruise akan jadi tafakkur yang indah yang menyempurnakan rasa syukur kita menutup Ramadhan yang indah.

Sampai jumpa di WR SUMMIT berikutnya.