• °Ca:0:{}
    - Banten
    |
  • Sabtu 05 Oktober 2024

Pertanyaan Yang Membuatmu Tumbuh Berdaya

A preview for PCMR.

Siapa disini yang suka diskusi ? Siapa yang mendapat kelegaan atau ide segar selepas diskusi.?

Diskusi 4 mata ataupun group bisa menemukan solusi jika didalamnya ada tanya-jawab yang nyaman tapi terstruktur mapan untuk sebuah tujuan. Para professional di perusahaan kredibel suka menyebut aktivitas pendampingan pemberdaan diri ini dengan: COACHING.

Tidak sama dengan Trainer yang perlu didengar dalam sesi trainingnya, seorang Coach punya kepentingan untuk mendengar lebih banyak dari kliennya saat sesi coaching, ini sesi dimana coachee (yang didampingi) menunjukkan potensi dirinya. Perhatikan, mana ada seorang coach sepak bola masuk bermain dalam arena lapangan ? Kecuali ia tampak ekspresif di pinggir lapangan.

Tony stoltzfuz dalam bukunya: Coaching Question, menyatakan bahwa kemampuan bertanya para Coach ini perlu dilatih, agar syaraf² dalam tubuh pun terlatih. Sedikitnya 1-2 jam dalam seminggu perlu latihan bertanya. Seorang pemimpin pun harus bisa menjadi coach bagi tim organisasi nya, leader as coach.

Kunci keberhasilan coaching terletak pada pertanyaan yang memunculkan banyak opsi solusi bagi coachee. Mengajak Coachee sadar tanggung jawab untuk action, berpikir kreatif dan inovatif, dan memunculkan keterlibatan dan rasa memiliki (engagement).

Ust. Nasrullah sebagai founder komunitas magnet rezeki, kerap bertanya dalam group Binaannya khususnya para Wakil resmi dan CTMR-nya. Pertanyaan² yang dimunculkan memantik gerakan kebaikan, tanpa disadari bagi mereka yang aktif dan responsif ternyata berbuah keajaiban. Perhatikan, group coaching sedang berlangsung dan ajaibnya rezeki terus tertarik berulang.

Kereta Api yang normal dan tau siapa dirinya akan cukup PD untuk kerap didatangi penumpang, KA ini tidak akan "takut" kehilangan penumpang lalu sibuk keluar rel pergi masuk ke komplek-komplek perumahan untuk mencari penumpang.

Selama kereta itu berada di rel yang benar, mesinnya baik, gerbongnya bersih dan nyaman, dan tujuannya jelas, maka ia akan menarik banyak penumpang ke arahnya, sehingga ia tak perlu sibuk "grasak-grusuk" dan heboh mencari penumpang ke sana kemari.

Dengan demikian, selama kita berada di jalan benar, tubuh kita cukup sehat, jiwa kita bersih, hati kita nyaman dengan takdir Ilahi, dan tujuan hidup kita jelas mau kemana, maka in syaa Allah kita akan menarik banyak rezeki dan solusi dalam kehidupan kita. Demikian analogi KA ala ust. Zain.

Maka tidak heran, banyak yang minta didampingi (sebagai coachee) karena adanya persoalan/tantangan lantaran ada beberapa pertanyaan dalam dirinya yang belum bisa terjawab dengan baik. Pertanyaan dasar, sebelum berkembang ke pertanyaan-pertanyaan yang dapat berkembang dalam sesi PERSONAL COACHING



Lantas, apa saja pertanyaan mendasar tersebut? Kita bisa mulai belajar dari pertanyaan² ini untuk "self coaching" sebelum akhirnya mendampingi orang lain atau sebuah tim untuk mencetak goal-goal terbaik. Jawablah dengan penuh kesadaran..

- Pertanyaan yang paling mendasar adalah: SIAPAKAH AKU INI? (WHO AM I?). Faktanya ternyata banyak yang belum kenal dengan dirinya sendiri, potensinya, bakatnya.

- Banyak orang yang tak terarah hidupnya, karena tidak pernah bertanya:
DIMANAKAH AKU SAAT INI
(WHERE AM I?)

- Sehingga, makin banyak orang yang hidupnya biasa-biasa aja, karena jarang sempatkan waktu untuk hening sejenak dan bertanya:
KEMANA AKU MAU PERGI ?
(WHERE AM I GOING TO?)

- Karena hanya dengan tahu mau kemana, barulah kita bisa bertanya:
BAGAIMANA CARA UNTUK MENCAPAINYA ?
(HOW DO I GET THERE?)

Itulah pentingnya PERTANYAAN yang TEPAT di SAAT dan TEMPAT yang TEPAT dari dan oleh ORANG yang TEPAT.

Pertanyaan membuat pikiran kita bergerak, gerakan itu menjadi berkah, berkah artinya manfaat, manfaat yang diberikan dapat menarik keberlimpahan.

“Telling makes people know, Questioning makes peoole GROW”. Maka ini, Coaching dapat membuat Anda bergerak dan bertumbuh, bukan sekedar tahu.

•••••

Kami (Abuss Alhalimi dan Pak Arief Bar) adakan pelayanan Personal Coaching Magnet Rezeki (PCMR) bagi 27 orang terpilih..

Peserta PCMR dipilih dari Alumni Training MR dan para pembaca buku MR dan Quantum Miracle (QM) juga beruntung.

Semoga masih ada kuotanya utk PCMR kali ini, silahkan konfirmasi ke 082298946801

Salam 1 Sama Terhubung,
Abuss Al-Halimi & Arief BAR