• °Ca:0:{}
    - Banten
    |
  • Minggu 19 Mei 2024

Pondok Pesantren di Depok Terkurung Tanpa Akses Jalan Masuk

Pondok Pesantren Khoirur Rooziqiin, yang terletak di Jalan Rawa Maya III, Kelurahan Beji, Kecamatan Beji, Depok, telah menjadi perbincangan di media sosial karena terkurung tanpa akses jalan. Pemimpin Pondok Pesantren, Ali Murtado, mengonfirmasi bahwa lembaga pendidikan tersebut memang tidak memiliki akses jalan yang layak. Di sekitarnya, terdapat SMAN 14 Depok di sebelah selatan, SMP IT Darul Abidin di sebelah utara, tanah warga di sebelah barat, dan komplek perumahan Caltek Beji Timur di sebelah timur.

Ali Murtado menjelaskan bahwa awalnya Pondok Pesantren Khoirur Rooziqiin berlokasi di tempat lain. Namun, pada tahun 2019, pesantren tersebut pindah ke lokasi saat ini, yang merupakan lahan milik Nasrullah, yang kini menjabat sebagai ketua pembina pesantren. Sebelumnya, akses masuk ke pesantren itu melalui Jalan Rawa Maya, tetapi hanya sementara karena melewati rumah-rumah warga.

Selama empat bulan, mereka juga menggunakan akses melewati SMAN 14 Depok, tetapi itu juga berakhir ketika sekolah tersebut menghentikan izinnya. Saat ini, para santri dan pengurus pesantren hanya memiliki akses sementara melalui Jalan Rawa Maya, Beji, yang hanya diizinkan selama seminggu.

Ali Murtado menyatakan bahwa pesantren telah mencoba meminta izin kepada warga di komplek perumahan Caltek Beji Timur untuk membuka akses jalan, namun permintaan tersebut ditolak. Meskipun pesantren telah mencoba menyelesaikan masalah ini melalui jalur hukum dengan mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Depok, hasilnya nihil karena ketidakjelasan pihak yang digugat.

Menurut Ali, lahan tempat pesantren berdiri awalnya direncanakan untuk pembangunan perumahan, tetapi pada 2019 diubah menjadi pondok pesantren. Pemilik tanah mengira ada akses jalan milik pemerintah daerah yang dapat dimanfaatkan, tetapi ternyata akses tersebut sedang dalam persengketaan.

Satu-satunya akses jalan ke pesantren saat ini adalah melalui Jalan Rawa Maya. Namun, jika tidak ada solusi dalam seminggu ke depan, Pondok Pesantren Khoirur Rooziqiin di Beji, Depok, akan kembali terkurung tanpa akses keluar masuk. Ali bersyukur karena sejumlah pihak, termasuk polisi, camat, dan lurah, turun tangan untuk membantu ketika akses jalan tersebut ditutup.