• °Ca:0:{}
    - Banten
    |
  • Selasa 29 Oktober 2024

Bagaimana caranya  agar kita bisa tetap sehat mental, tenang , bahagia dan produktif di tempat kerja?

Assalamualaikum wr wb.

Sahabat.. Hari ini tanggal 10 Oktober merupakan Hari Kesehatan Mental sedunia. Tema peringatan Hari Kesehatan Mental tahun ini adalah : Saatnya Memprioritaskan Kesehatan Mental di Tempat Kerja.

Bagaimana caranya  agar kita bisa tetap sehat mental, tenang , bahagia dan produktif di tempat kerja?

Dalam kehidulan sehari hari, banyak dari kita yang menghabiskan waktu untuk bekerja. Dan dalam dunia pekerjaan , kita pasti akan mengalami situasi ups and down . Saat berada dalam situasi ups, kita merasa bahagia, puas, sejahtera dan dapat mencapai aktualisasi diri. Namun disaat down ketika menghadapi deadline, menghadapi tekanan dari atasan atau klien atau memiliki rekan kerja yang tidak bersahabat sehingga kita merasa kewalahan, dan jika itu berlangsung dalam waktu yang panjang akan berdampak kepada kesehatan baik fisik dan mental.

Stress yang tidak dikelola dengan baik akan menyebabkan kecemasan dan depresi serta gangguan jiwa lainnya. Dan mereka yg mengalami gangguan mental cenderung lebih mungkin menderita gangguan kesehatan fisik sperti nyeri otot, tulang dan sendi, gangguan pencernaan, gangguan jantung , gangguan pernapasan , gangguan sistem imun dan beberapa penyakit kronis spt diabetes dan hipertensi.



Berikut ini adalah tips agar kita bisa sehat mental ala Magnet Rezeki di tempat kerja :

1. Positive Thinking

Tahukah Sahabat.. bahwa apa yang kita pikirkan akan diproyeksikan menjadi layar kehidupan kita. Proyeksi pikiran yang positif akan menghasilkan nasib yang positif , begitu pula sebaliknya, saat pikiran kita dipenuhi dengan hal hal negatif maka nasib kehidupan kita pun akan negatif.

So Praktekkan jurus LOP (Law of Projection) , berpikirlah positif agar pekerjaan kita positif dan kehidupan kita positif. Pikirkan hanya hal yang baik baik, agar hidup kita menjadi baik. Praktekkan juru

Bagaimana jika kita menghadapi tantangan atau persoalan dalam pekerjaan? Maka
✨️ Respon dengan respon terbaik WOW KEREEN , sambil cari alasan apa kereennya ? apa pelajaran yg bisa diambil? apa hikmahnya?

✨️ Dalam menjalankan tugas dan pekerjaaan.. kita harus hati2 dan mawas diri. jangan sampai membuat Perisai. so selalu untuk gunakan jurus buka Perisai.

✨️ Turunkan Garis Kebenaran , turunkan ego kita. bisa jadi munculnya persoalan2 kita di kantor atau di pekerjaan kita yang membuat suasana tidak kondusif dan bahkan membuat kita dan orang lain stress karena tingginya garis kebenaran kita. Kita merasa benar dan orang lain yang salah. Maka jika ingin solusi, turunkan garis kebenaran kita, dimulai dengan saya yg salah , dia benar.
Saya salah
Ampuni saya
Saya siap belajar
Saya siap memperbaiki diri..

✨️ Praktekkan Disiplin Kata. ucapkan hanya kata2 yang baik, krn kata2 manjadi doa. Tidak mengeluh., apalagi mengucapkan kata2 yg membuat tidak nyaman baik diri sendiri apalagi orang lain.

2. Postive Feeling

Upayakan dan selaraskan pikiran positif Anda dengan perasaan yang positif, yaitu perasaan yang tenang, nyaman , damai penuh rasa syukur . Perasaan yang positif ini Insya Allah akan membuat diri Anda semakin bahagia.

Jika menghadapi tantangan atau persoalan maka gunakan jurus :
- Terima bungkus nya. ( Paradox of Candy) maka isi permen manisnya akan bisa dinikmati

- Getarkan hati dengan Al Quran dengan jurus Garputala . Saat kita punya persoalan atau hajat sekalipun.. buka Al Quran secara acak. Allah kan berikan ayat yang sesuai dengan persoalan kita. Apalagi jika persoalan tsb adalah persoalan yang tidak ringan dan mengguncang jiwa. Tenangkan hati kita dg Al Quran

- Ciptakan lingkungan tempat kerja yang nyaman dan kondusif dengan jurus MTK (Merawat Terumbu Karang) , Fokus Insan Magnet Rezeki adalah selalu Membahagiakan dan memuliakan orang lain , teman2 kerja nya , atasannya, stafnya, pasien2 nya, klien2nya, murid2 atau siswa2nya dan siapapun yang ia temui.

3. Positive Motivation

Tentunya segala sesuatu berawal dari niat atau motivasi kita.

Apakah kita melakukan sesuatu dengan pamrih, ego, karena harga diri, untuk riya' dan ujub, pamer , penuh kemarahan, takut , ingin balas dendam dan motivasi negatif lainnya?

Apa niat kita dalam bekerja atau melaksanakan tugas? karena uang kah? atau dalam rangka ibadah karena Allah..

Sudahkah kita melakukan sesuatu karena niat / motivasi karena Allah,  siap untuk belajar dan memperbaiki diri, mampu mengendalikan diri,  tulus ikhlas penuh pengabdian dan pelayanan.? Bahagia bisa membahagiakan orang lain. Itulah motivasi hidup yang positif.

Jika motivasi hidup kita negatif maka perasaan kita pun akan menjadi negatif, pikiran pikiran kita juga akan dipenuhi oleh pikiran negatif yang akan menyebabkan kehidupan kitapun menjadi negatif.

Jika hal tersebut dibiarkan maka akan memunculkan gejala2 tidak sehat mental seperti takut , cemas, gelisah, panik, apatis, putus asa depresi dan gejala gangguan jiwa yang lainnya.

Namun Jika motivasi kita positif maka, perasaan kita akan menjadi positif, pikiran kita juga positif, sehingga kehidupan kita pun menjadi positif.

Motivasi hidup yang positif akan mengantarkan hidup kita pada ketenangan dan kebahagiaan,  yang akan membuat mental kita menjadi semakin sehat dan kuat, maka pastikan Spiritual Meter kita untuk selalu berada di zona kanan / Positif atau zona takwa. Jadilah Pribadi +6 yang senantiasa membahagiakan dan memuliakan oramg lain , senantiasa mendoakan kebahagiaan dan kemuliaan orang lain dengan jurus Kick Back nya.

Dan apapupun Kondisinya tetaplah untuk BTS ( Bahagia Tanpa Syarat) karena sesungguhnya Allah sudah mengkaruniai kita hidup yang sempurna. tinggal bagaimana kita memaknainya. 

Nah..saatnya kita jaga kesehatan mental kita di tempat kerja dengan 3 tips sehat mental ala Magnet Rezeki dan jurus2nya  ya Sahabat..

Jika 3 hal diatas, positive thinking, positive feeling dan positive motivation selalu ada dalam diri kita dan jurus2 Magnet Rezeki selalu kita praktekkan maka Insya Allah pekerjaan dan kehidupan kita akan menjadi tenang, bahagia, produktif dan penuh keajaiban..

Semoga Sahabat semua senantiasa dimudahkan dan dilancarkan dalam mengemban amanah pekerjaan dan tugas2nya. senantiasa disehatkan lahir dan batin , fisik dan mental , serta dibahagiakan dan dimuliakan oleh Allah SWT.
Aamiin ya rabbal alamiin..

Selamat Hari Kesehatan Mental sedunia ,
Salam Sehat Jiwa

Sahabatmu




https://magnetrezeki.orderonline.id/mlmc24